Lebah Indah Collection

Lebah Indah Collection Hp/Whatsapp. 085225 047315 Pin Bb. 79f34c6b Kebahagiaan Anda adalah tujuan kami

Saturday, July 5, 2025

RPL Layanan Perencanaan Individu (BK MTsHA1)

 Sebuah Contoh RPL Layanan Perencanaan Individu



Ini contoh RPL Perencanaan Individu :

RPL Layanan Bimbingan Konseling

Perencanaan Individual

A. Identitas Layanan

Komponen

 

Keterangan

Nama Sekolah

:

MTs NU Hasyim Asy’ari 01

Jenis Layanan

:

Perencanaan Individual

Bidang Layanan

:

Belajar / Karier

Topik Layanan

:

Menyusun Rencana Studi dan Karier

Sasaran

:

Siswa Kelas IX A, IX B

Waktu Pelaksanaan

:

1 x 45 menit (bisa lebih untuk sesi lanjutan)

Tempat

:

Ruang BK atau Ruang Kelas


B. Tujuan Layanan

Setelah mengikuti layanan ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengenal bakat, minat, dan potensi dirinya secara objektif.
  2. Menyusun rencana studi/jurusan dan karier masa depan secara terarah.
  3. Mampu merumuskan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

 

C. Kompetensi yang Diharapkan

  • Kompetensi Umum: Peserta didik mampu merencanakan masa depan secara mandiri.
  • Kompetensi Khusus: Peserta didik mampu menyusun rencana pendidikan dan karier jangka pendek dan panjang.

 

D. Materi Layanan

  • Pengertian perencanaan individual
  • Konsep diri, bakat, minat, dan potensi
  • Informasi pendidikan lanjut dan dunia kerja
  • Cara menyusun rencana belajar dan karier

 

E. Metode dan Teknik

Metode

Teknik

Wawancara, diskusi, refleksi

Self-assessment, pengisian form rencana individual, konsultasi pribadi

 

F. Langkah-Langkah Kegiatan

  1. Pendahuluan (5–10 menit)
    • Menyapa siswa, menjelaskan tujuan layanan
    • Apersepsi: pentingnya perencanaan masa depan
  2. Inti (25–30 menit)
    • Siswa mengisi angket minat dan bakat (jika belum)
    • Diskusi hasil asesmen secara singkat
    • Siswa menyusun rencana belajar dan/atau karier dengan format yang disediakan (rencana jangka pendek – jangka panjang)
  3. Penutup (5–10 menit)
    • Refleksi siswa terhadap proses
    • Tanya jawab terbuka
    • Penjadwalan sesi lanjutan jika diperlukan

 

G. Media dan Sumber Belajar

  • Lembar rencana individu
  • Kartu potensi diri
  • Laptop/infografis jurusan
  • Referensi: Buku karier, data perguruan tinggi/SMK/SMA, info pelatihan atau kursus

 

 

 

H. Evaluasi

Jenis Evaluasi

Bentuk

Proses

Observasi keterlibatan siswa, kelengkapan pengisian

Hasil

Portofolio rencana individu yang telah disusun siswa

Tindak Lanjut

Siswa yang belum tuntas dibimbing secara lanjutan (sesi lanjutan/konseling individual)

 

 

                  Kudus, 4 Juli 2025

Kepala

MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus

 

 

 

 

 

 

SETIYOWATI, S.Pd

Guru BK/ Konselor

 

 

 

 

 

 

 

TAIN, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran Contoh Format Rencana Individu (Portofolio Siswa)

Rencana Pendidikan dan Karier Siswa

Nama: ...............................................
Kelas: ....................
Minat: ...............................................
Bakat/Potensi: .......................................
Cita-cita/Jenis Karier yang Diinginkan: .............
Pilihan Jurusan/Program Studi: .......................
Sekolah/Lembaga yang Dituju: ........................
Rencana Tindakan (Langkah-langkah):

  1. ...............................................
  2. ...............................................
  3. ...............................................

Refleksi Diri (setelah sesi):
......................................................................
......................................................................

 




No comments:

Post a Comment