Sebuah Contoh RPL Layanan Perencanaan Individu
RPL Layanan Bimbingan Konseling
Perencanaan Individual
A. Identitas Layanan
Komponen |
|
Keterangan |
Nama Sekolah |
: |
MTs NU Hasyim Asy’ari 01 |
Jenis Layanan |
: |
Perencanaan Individual |
Bidang Layanan |
: |
Belajar / Karier |
Topik Layanan |
: |
Menyusun Rencana Studi dan Karier |
Sasaran |
: |
Siswa Kelas IX A, IX B |
Waktu Pelaksanaan |
: |
1 x 45 menit (bisa lebih untuk
sesi lanjutan) |
Tempat |
: |
Ruang BK atau Ruang Kelas |
B. Tujuan Layanan
Setelah mengikuti layanan ini,
peserta didik diharapkan dapat:
- Mengenal bakat, minat, dan potensi dirinya secara
objektif.
- Menyusun rencana studi/jurusan dan karier masa depan
secara terarah.
- Mampu merumuskan langkah-langkah untuk mencapai tujuan
tersebut.
C. Kompetensi yang Diharapkan
- Kompetensi Umum:
Peserta didik mampu merencanakan masa depan secara mandiri.
- Kompetensi Khusus:
Peserta didik mampu menyusun rencana pendidikan dan karier jangka pendek
dan panjang.
D. Materi Layanan
- Pengertian perencanaan individual
- Konsep diri, bakat, minat, dan potensi
- Informasi pendidikan lanjut dan dunia kerja
- Cara menyusun rencana belajar dan karier
E. Metode dan Teknik
Metode |
Teknik |
Wawancara, diskusi, refleksi |
Self-assessment, pengisian form
rencana individual, konsultasi pribadi |
F. Langkah-Langkah Kegiatan
- Pendahuluan (5–10 menit)
- Menyapa siswa, menjelaskan tujuan layanan
- Apersepsi: pentingnya perencanaan masa depan
- Inti (25–30 menit)
- Siswa mengisi angket minat dan bakat (jika belum)
- Diskusi hasil asesmen secara singkat
- Siswa menyusun rencana belajar dan/atau karier dengan
format yang disediakan (rencana jangka pendek – jangka panjang)
- Penutup (5–10 menit)
- Refleksi siswa terhadap proses
- Tanya jawab terbuka
- Penjadwalan sesi lanjutan jika diperlukan
G. Media dan Sumber Belajar
- Lembar rencana individu
- Kartu potensi diri
- Laptop/infografis jurusan
- Referensi: Buku karier, data perguruan tinggi/SMK/SMA,
info pelatihan atau kursus
H. Evaluasi
Jenis
Evaluasi |
Bentuk |
Proses |
Observasi keterlibatan siswa,
kelengkapan pengisian |
Hasil |
Portofolio rencana individu yang
telah disusun siswa |
Tindak Lanjut |
Siswa yang belum tuntas dibimbing
secara lanjutan (sesi lanjutan/konseling individual) |
Kudus,
4 Juli 2025
Kepala MTs
NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus
SETIYOWATI,
S.Pd |
Guru
BK/ Konselor
TAIN,
S.Pd |
|
|
Lampiran
Contoh Format Rencana Individu (Portofolio Siswa)
Rencana
Pendidikan dan Karier Siswa
Nama: ...............................................
Kelas: ....................
Minat: ...............................................
Bakat/Potensi: .......................................
Cita-cita/Jenis Karier yang Diinginkan: .............
Pilihan Jurusan/Program Studi: .......................
Sekolah/Lembaga yang Dituju: ........................
Rencana Tindakan (Langkah-langkah):
- ...............................................
- ...............................................
- ...............................................
Refleksi Diri (setelah sesi):
......................................................................
......................................................................
No comments:
Post a Comment