Lebah Indah Collection

Lebah Indah Collection Hp/Whatsapp. 085225 047315 Pin Bb. 79f34c6b Kebahagiaan Anda adalah tujuan kami

Friday, July 4, 2025

Contoh RPL Konseling Individu (BK MTsHA1)

 Contoh RPL Konseling Individu



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN ( RPL )

BIMBINGAN DAN KONSELING

LAYANAN KONSELING INDIVIDU

 

I. KOMPONEN

A. Sekolah : MT NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus

B. Kelas : IX A

C. Sasaran Layanan : Konseli kode :  M-P/15/2025

D. Alokasi waktu : 1 x 40 Menit

E. Bidang Layanan : Pribadi

F. Fungsi Layanan : Pencegahan 

G. Bentuk Layanan : Konseling  Individual

H. Tempat Layanan : Ruang Konseling

II. TOPIK / PERMASALAHAN :

Tidak bisa konsentrasi dalam belajar

 

III. KOMPETENSI TUGAS PERKEMBANGAN :

Tugas perkembangan  :   

Meningkatkan kemampuan belajar efektif

 

IV. TUJUAN LAYANAN :

Konseli diharapkan bisa belajar dengan tenang, berkonsentrasi sehingga dapat meningkatkan nilai prestosi akademis.

V. MATERI  :

Merasa tidak bisa belajar dengan berkonsentrasi.

 

VI. PENDEKATAN /  TEKNIK  KONSELING : Rasional Emotif  Behavior Terapi ( REBT )

 

VII. LANGKAH KEGIATAN LAYANAN :

 

NO

KEGIATAN LAYANAN

 

ALOKASI WAKTU

A

TAHAP AWAL

1. Penerimaan

2. Rapport dan penstrukturan

 

 

10 Menit

 

B

TAHAP INTI

1. Identifikasi masalah

2. Mengungkap penyebab masalah

3. Langkah treatment :

a. Konselor lebih edukatif-direktif kepada klien, dengan cara banyak memberikan cerita dan penjelasan, khususnya pada tahap awal

b. Mengkonfrontasikan masalah klien secara langsung

c. Menggunakan pendekatan yang dapat memberi semangat dan memperbaiki cara berfikir klien, kemudian memperbaiki mereka untuk dapat mendidik dirinya sendiri

d. Konselor dengan gigih dan berulang menekankan bahwa ide irrasional itulah yang menyebabkan hambatan emosional pada konseli

e. Mendorong konseli menggunakan kemampuan rasional dari pada  emosinya

f. Menggunakan pendekatan didaktif  dan filosofis

g. Menggunakan humor dan “ menekan” sebagai jalan mengkonfrontasikan berfikir irrasional

 

25 Menit

C

TAHAP AKHIR

1. Menyimpulkan hasil konseling

2. Mengadakan evaluasi

3. Menyusun jadwal pertemuan lanjutan

4. Menutup konseling

 

5 Menit

 

 

VIII. ALAT /  MEDIA / SUMBER :  

1. Sumber:

A.  Majalah, Koran, media elektronik

B.  Informasi dari teman sebaya dan orang tua

 

IX. RENCANA PENILAIAN :

1. Prosedur Penilaian :

a. Penilaian Proses

Penilaian terhadap proses pelaksanaan konseling dengan observasi ( terlampir)

b. Penilaian hasil dengan interview :

Understanding : Pemahaman  baru  apa  yang diperoleh konseli

Comfort : Bagaimana perasaan konseli setelah mengikuti  konseling

Action : Apa yang akan dilakukan konseli setelah proses konseling

       Penilaian Hasil tertulis     :  Laiseg, Laijapen dan Laijapan

2. Alat Peniaian  :

Berupa  Angket Laiseg, Laijapen dan Laijapang  ( Terlampir )

X. RENCANA TINDAK LANJUT :

Satu minggu setelah layanan dipantau dengan memberikan penilaian jangka pendek          ( Laijapen )

Satu bulan setelah layanan dipantau dengan memberikan penilaian jangka panjang             ( Laijapen )

 

 

Kudus, 5 Juli 2025

       Mengetahui Konselor,

       Kepala MTs NU Hasyim Asy’ari 01

 

 

      SETIYOWATI, S.Pd TAIN, S.Pd

      NIP. - NIP. -



No comments:

Post a Comment